Selasa, 18 Maret 2008
Hemat Listrik yuk!
Listrik merupakan hal yang sangat berguna dan penting bagi hidup kita. Bayangkan jika kita hidup tanpa listrik atau sedang dalam keadaan padam listrik, pastinya kita merasa sangat jengkel, kecewa, dan dirugikan. Contohnya seperti sekarang kami membuat artikel ini dalam keadaan padam listrik pada laptop yang baterainya hanya tersisa untuk waktu 40 menit ke depan. Hal ini tentunya sangat merugikan bagi kami, sehingga kerja kami tidak optimal. Apalagi jika padam listrik terjadi pada malam hari yang dialami siswa yang hendak belajar untuk ulangan. Tentunya dia tidak akan bisa belajar dengan maksimal dan mungkin dia tidak akan mendapatkan nilai yang memuaskan.

Terbatasnya pasokan listrik di setiap daerah menuntut kita untuk berhemat, sehubungan dengan sangat pentingnya listrik bagi kehidupan kita. Jika kita tidak berhemat listrik, maka kita akan mengalami yang namanya pemadaman bergilir. Memprihatinkannya lagi pemadaman bergilir tersebut dialami oleh beberapa daerah terpencil. Padamnya listrik di beberapa daerah tersebut berlangsung cukup lama, mulai dari tiga hari sampai satu bulan. Padahal penggunaan listrik yang berlebihan justru dilakukan di kota-kota besar, seharusnya pemadaman bergilir tersebut dilakukan di kota-kota yang penggunaan listriknya secara berlebihan.

Hemat listrik dilakukan untuk mengurangi energi kualitas rendah atau energi yang dikeluarkan/digunakan namun sedikit manfaatnya, dan meningkatkan energi kualitas tinggi. Energi kualitas rendah contohnya pada dahulu kala jika kita berada dekat dengan lampu maka kita akan merasa panas, sedangkan cahaya yang mampu di keluarkan kurang terang atau redup. Hawa panas tersebutlah yang dinamakan dengan energi kualitas rendah, yaitu energi yang tidak terpakai. Untuk menanggulanginya, maka kita bisa menggunakan peralatan atau barang-barang hemat energi yang memakai energi kualitas tinggi.

Selain itu, kita juga bisa menghemat lisrik dengan tidak menggunakan peralatan listrik pada kondisi yang tidak begitu penting, seperti menyalakan lampu pada siang hari, penggunaan AC yang berlebihan, menyalakan televisi namun tidak ditonton, dan masih banyak lagi. Kebiasaan seperti itulah yang harus kita kurangi bahkan kita hilangkan dari kehidupan kita.



Written By: Quye

Label: , , , , , , ,

posted by Indie 261 @ 19.48  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
About Me


Name: Indie 261
Home: Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia
About Me:
See my complete profile

What Time Is It? Lets See!




How many page views we Had? Lets See!
highspeed broadband






Free chat widget @ ShoutMix

Previous Post
Archives
Blogger Network
Google
Education Link
Supported By




























The Crew!
Inot as Programmer Uq as Designer Quye as Writer Balengker.Corp